Predikat SPBE Pemprov Malut Cukup

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Pemprov Malut, Iksan R.A Arsad.

Klikdua.com

SOFIFI –  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) memberikan nilai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2,49 dengan predikat cukup tahun 2023 kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut)

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Maluku Utara, Iksan R.A Arsad mengungkapkan, ada beberapa yang perlu dibenahi oleh Pemprov Malut termasuk indikator baru yang dimasukan dalam penilaian SPBE.  “Ada indikator baru yang diterapkan yang notabene kita belum benahi karena memang membutuhkan suatu keseriusan dan anggaran yang kita harus agendakan yaitu adalah menyangkut tentang arsitektur,”ucap Iksan, Jumat (26/01/2024).

Katanya, Arsitektur SPBE adalah kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi.

Dia mengaku, pihaknya telah mengirimkan sejumlah staf untuk mempelajari penerapan SPBE di sejumlah daerah, termasuk Bali, Yogyakarta. Bekal pengalaman itulah Pemprov Malut akan melakukan berbagai pembenahan internal.

Sejumlah OPD sektor layanan publik telah menerapkan sistem digitalisasi dalam pelayanan, sehingga lebih efektif dan efisien, serta menghindari pesanan tatap muka yang berpotensi adanya transaksi.  “Akan tetapi, sebagian dari itu layanan publik sudah berlangsung misalnya DMPTSP, Perpajakan dan lainya,” ungkap Iksan.

Hanya saja, yang terkendala adalah ada juga OPD yang masih belum menerapkan pelayanan berbasis digital, baik untuk pelayanan internal maupun eksternal. Iksan berharap kerja sama semua OPD agar penerapan SPBE dapat berjalan.

Iksan optimis di tahun 2024, atas arahan Plt. Gubernur dan Sekretaris Daerah, pihaknya akan meningkatkan nilai SPBE dari cukup menjadi baik.  “di tahun ini kami optimis akan naik, karena kalau dilihat nilainya tinggal sedikit saja menuju baik,”ucap Iksan.(ril/FM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *