Menhub Siap Perjuangkan Kota Tidore Masuk KSPN

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menyampaikan sambutan pada acar puncak Hari Nusantara Tahun 2023 di pelataran Pantai Tugulufa Tidore Kota Tidore Kepulauan, Rabu (13122024

Klikdua.com

TIDORE – Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi menyatakan akan mendorong Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) untuk Kota Tidore Kepulauan.

Pernyataan itu diungkapnya Budi pada saat acara puncak gelaran Hari Nusantara 2023 yang berlangsung di kawasan Wisata tugulufa, Rabu (13/12/2023).

Budi mengaku, sejarah ekspor  rempah di Tidore kala itu menjadi pusat perhatian. Oleh karenanya, Kota Tidore Kepulauan dapat didorong menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Tidore akan didorong sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN),” kata Budi. Sebelumnya, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah memasukan dokumen KSPN ke sejumlah Kementerian terkait.

Bahkan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim juga telah bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, membicarakan terkait dengan pencanangan KSPN untuk Kota Tidore Kepulauan.

Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim juga menyampaikan kabar baik terkait kerja keras dalam memperjuangkan pembangunan di Kota Tidore Kepulauan telah mendapat respon positif dari Bapak Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Beliau seyogyanya hadir pada momentum Hari Nusantara ini, namun karena ada kegiatan yang tidak dapat diwakilkan, maka beliau telah mengagendakan pada kesempatan briefing mingguan bersama Menparekraf pada tanggal 18 Desember 2023 di Jakarta, bertempat di Gedung Sapta Pesona, beliau akan meresmikan Pencanangan Tidore Kepulauan Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional,” ungkap Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim juga meminta dukungan kepada Menteri Perhubungan, agar Tidore, dapat ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan dimuat dalam RPJM Nasional 2025 – 2045. Serta berharap Menhub dapat menyampaikan kepada Menteri PUPR agar membantu pembangunan balai bengong atau rumah singgah di Tugulufa sebagaimana yang telah dijanjikan. (hms/FM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *