BPJS Malut Gelar Sosialisasi Perlindungan Jaminan Sosial Prakerja di Halbar

Klikdua.com,Jailolo –  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Maluku Utara menggelar sosialisasi tentang perlindungan jaminan sosial prakerja bagi pekerja jasa konstruksi, aparatur pemerintah desa dan pekerja rentan di Kabupaten Halmahera Barat, Rabu (23/8).

Sosialisasi yang berlangsung di Restoran Karunia, Desa Jalan Baru, Kecamatan Jailolo ini juga melibatkan Kejaksaan Negeri Halmahera Barat dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat.

“Pihak Perusahaan sebagai pengguna tenaga kerja mempunyai kewajiban untuk memberikan jaminan sosial dan perlindungan dengan cara mendaftarkan tenaga kerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Maluku Utara, Arif Sabara.

Kabupaten Halmahera Barat, kata Arif, merupakan salah satu daerah yang menjadi prioritas program BPJS Ketenagakerjaan.

Program untuk masyarakat ini akan memberikan perlindungan bagi tenaga kerja dalam mengatasi risiko sosial ekonomi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Barat, M Syahril Abd Radjak dalam kesempatan itu mengaku menyambut baik sosialisasi ini.

Ia berharap sikap proaktif dari aparat pemerintah desa dalam hal mengajak masyarakat utamanya pekerja rentan seperti petani, nelayan dan tukang ojek untuk mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi, kami mengingatkan agar semua masyarakat Halmahera Barat dapat terlindungi melalui jaminan sosial ketenagakerjaan,” imbaunya.

Ditambahkan pula oleh Kepala Kejari Halmahera Barat, Kusuma Jaya Bulo bahwa sosialisasi atas kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dengan Kejari ini merupakan tindak lanjut program pemerintah pusat.

Sosialisasi serupa, kata dia, perlu dilakukan secara masif agar dapat menjangkau hingga ke masyarakat yang ada di desa-desa pelosok.

“Dan yang menjadi target utama kita dalam melaksanakan kegiatan ini adalah bagaimana kita menjalankan program ini supaya masyarakat bisa merasakan dampak dari program tersebut,” tandas dia.(**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *