Event Moti 1322 Basuara Siap Digelar

Klikdua.com, TERNATE – Event Moti 1322 Basuara yang digagas Komunitas Orang Moti (Oti Production) berkolaborasi dengan Makin Cakap Digital (MCD), KNPI dan POSSI Provinsi Malut siap dihelat. Dimana, dalam acara tersebut ada sejumlah rangkaian acara yang akan dilakukan.

Saihu Oti Wahyu Taha memberikan apresiasi ke seluruh warga maupun perangkat lurah, camat jajarannya yang sampai kini memberikan suport untuk penyelenggaran kegiatan ini.

“Kegiatan ini mendapat dukungan yang maksimal dari masyarakat,” katanya, Rabu (9/8/2023) kemarin.

Menurutnya, dalam rapat untuk pemantapan jadwal kegiatan Moti 1322  Basuara ini dihadiri perwakilan dari 6 kelurahan yang ada di kecamatan Moti. Bahkan RT/RW yang ada di kelurahan juga bersedia memfasilitasi rumah untuk tempat nginap para tamu dari luar Pulau Moti.

“Sampai saat ini kesiapan untuk kegiatan sudah sangat maksimal dilakukan, ini semua berkat dukungan warga, para RT/RW, lurah, dan Camat, aparat keamanan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda termasuk para sesepuh yang selama ini terus mensuport kami di Moti serta semua pihak yang terus memberikan dorongan dan bimbingan,” ungkapnya.

Terpisah, Koordinator Kegiatan Budi Janglaha menyebut, untuk kegiatan Moti 1322 Basuara kesiapannya sudah maksimal, dan bahkan distribusi alat musik untuk juga mulai dilakukan dilapangan tosehe kelurahan Moti Kota pada 12 Agustus akhir pekan ini.

“Para pemateri pada kegiatan Konfederasi Satra Kopitam dilaksanakan pada 12 Agustus di pasar Moti juga sudah siap hadir,” cetusnya.

Menurut Budi, pada konfederasi kali ini mengangkat tema Merajut peradaban Moti, yang berkaitan dengan 178 Kumpulan Puisi Tentang Moti (Kopitam).

“Selain alat musik yang sudah terdistribusi ke Moti, bahkan Komunitas Offroad Indonesia (KOFFI) yang nantinya melakukan Ziarah Moti juga sudah mendistribusikan kendaraan jeep ke Moti, penanaman mangrove dari KNPI, dan untuk mempromosikan wisata Bahari Pulau Moti akan dilakukan penyelaman sepanjang perairan Moti yang dikemas pada kegiatan Moti Underwater Expedition dari POSSI Maluku Utara,” ungkapnya.

Selain itu, pada Jumat 11 Agustus  besok pagi, Oti mengagendakan   pembersihan Benteng Nasau, dan pelatihan pembuatan minyak kelapa (Groni) sumbangsih gagasan dari ASN Pemprov Malut. Sementara, kegiatan malam Moti 1322 Basuara yang dikemas dengan konser musik dari MCD dilakukan 12 Agustus.

“Malam konser musik tersebut gratis dan tidak dikenakan biaya apapun, kami mengundang secara terbuka seluruh warga masyarakat untuk bisa hadir meramaikan kegiatan Moti 1322 Basuara,” sebutnya.

Sembari menghimbau seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan. “Pada hari Minggu nanti dilakukan senam sehat dan bersih-bersih kolaborasi dari KNPI dan Oti,” pungkasnya.(**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *